Minggu, 22 Juni 2014

RPP Model PBM


Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)

Pembelajaran dengan model PBM dapat diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu dan dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran di madrasah. Ciri PBM adalah memecahkan masalah dengan melibatkan berbagai mata pelajaran (multidisiplin). Masalah atau pertanyaan yang diajukan dalam PBM bersifat autentik, berakar pada kehidupan dan kegiatan nyata yang memungkinkan adanya berbagai macam solusi atau pemecahan. Peserta didik meninjau masalah dari banyak segi atau mengkaitkannya dengan berbagai disiplin ilmu.  

Agar penerapan PBM di madrasah bisa optimal, diperlukan perencanaan yang matang oleh guru agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Ada beberapa tahapan yang perlu dipersiapkan oleh guru dalam mengimplementasikan model PBM, yaitu : perencanaan, tugas interaktif, lingkungan belajar, penilaian dan evaluasi.
a.   Dalam tahapan perencanaan, yang harus dirancang adalah tujuan yang hendak dicapai, masalah yang akan diselidiki dan materi atau peralatan yang dibutuhkan dalam penyelidikan peserta didik.
b.    Pada tahapan persiapan tugas interaktif, guru menyiapkan arah yang jelas kepada peserta didik dalam menyelesaikan proyek. Guru menyiapkan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan peserta didik dengan rinci, mulai dari menyiapkan tujuan pembelajaran, kegiatan, instrumen, hingga kriteria keberhasilan dan evaluasi pembelajaran termasuk cara mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok PBM. Guru juga menyiapkan cara atau media yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam pengumpulan informasi dari berbagai sumber, menganalisis dan mengevaluasi.
c.     Dalam rangka persiapan lingkungan belajar, guru menyiapkan seperangkat aturan yang jelas agar pembelajaran dapat berlangsung tertib, panduan mengenai cara mengelola kerja kelompok, dan aturan dan prosedur yang jelas dalam pengelolaan, penyimpanan, dan pendistribusian bahan, aturan, tata krama dan sopan santun untuk mengendalikan tingkah laku peserta didik ketika  melakukan penyelidikan.
d.    Pada tahapan persiapan penilaian dan evaluasi, guru menyiapkan prosedur penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pekerjaan peserta didik.

Dalam PBM guru harus berperan sebagai fasilitator agar pembelajaran tetap berjalan sesuai rencana. Menurut Terry Barret dalam tulisannya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadi fasilitator PBM yang baik, diantaranya adalah : 1)   Permasalahan harus menarik dan mendorong rasa ingin tahu 2)  Tidak menggunakan metode ceramah 3) Memberi batas toleransi suara ketika diskusi berlangsung 4) mendorong peserta didik untuk saling berbicara atau berdiskusi dan bukan berbicara atau berdiskusi dengan guru  5)  Pastikan kelompok setuju tentang permasalahan pembelajaran yang diangkat sebelum diskusi berakhir  6) Tunjukkan sumber informasi yang akurat yang dapat digunakan peserta didik dalam menyelidiki permasalahn pembelajaran  8)   Ingatkan peserta didik akan tujuan pembelajaran dan hasil yang harus dicapai  9)   Siapkan lingkungan belajar yang kondusif bagi peserta didik  10)  Jadilah diri sendiri 
Comment Box is loading comments...