Kamis, 18 Oktober 2012

Kartun Model Pembelajaran : Examples Non Examples

Model - Model Pembeajaran

MODEL PEMBELAJARAN 1
EXAMPLES NON EXAMPLES
(Contoh Kasus/Gambar Relevan)

  
NO. LANGKAH - LANGKAH
1. Guru mempersiapkan gambar - gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Guru menempelkan gambar dipapan atau ditayangkan melalui Proyektor
 3.Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/ menganalisa gambar
4. Melalui diskusi kelompok 2 - 3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
6.
Mulai dari komentar/ hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
7. Kesimpulan

MODEL PEMBELAJARAN 2
NUMBERED HEADS TOGETHER
(Kepala Bernomor)

  
NO. LANGKAH - LANGKAH
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2. Guru memberikan tugas dan masing - masing kelompok mengerjakannya
 3.Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka
5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
6. Kesimpulan

MODEL PEMBELAJARAN 3
JIGSHAW /(TIM AHLI)

  
NO. LANGKAH - LANGKAH
1. Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim (jumlah anggota tim tergantung jumlah materi yang akan dibahas)
2. Tiap orang dalam tim diberi tugas bagian materi yang berbeda
 3.Anggota dari tiap tim yang berbeda, yang mempelajari bagian materi yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan bagian materi mereka
4. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang bagian materi yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh - sungguh
5. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
6. Guru memberi evaluasi
7. Penutup
Comment Box is loading comments...