Pembelajaran dengan model PBM dapat
diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu dan dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran
di madrasah. Ciri PBM adalah memecahkan masalah dengan melibatkan berbagai mata
pelajaran (multidisiplin). Masalah atau pertanyaan yang diajukan dalam PBM
bersifat autentik, berakar pada kehidupan dan kegiatan nyata yang memungkinkan
adanya berbagai macam solusi atau pemecahan. Peserta didik meninjau masalah
dari banyak segi atau mengkaitkannya dengan berbagai disiplin ilmu.
Agar
penerapan PBM di madrasah bisa optimal, diperlukan perencanaan yang matang oleh
guru agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan
pembelajaran tercapai. Ada beberapa tahapan yang perlu dipersiapkan oleh guru
dalam mengimplementasikan model PBM, yaitu : perencanaan, tugas interaktif,
lingkungan belajar, penilaian dan evaluasi.
a. Dalam tahapan perencanaan, yang harus
dirancang adalah tujuan yang hendak dicapai, masalah yang akan diselidiki dan
materi atau peralatan yang dibutuhkan dalam penyelidikan peserta didik.
b. Pada tahapan persiapan tugas interaktif,
guru menyiapkan arah yang jelas kepada peserta didik dalam menyelesaikan
proyek. Guru menyiapkan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan peserta didik
dengan rinci, mulai dari menyiapkan tujuan pembelajaran, kegiatan, instrumen,
hingga kriteria keberhasilan dan evaluasi pembelajaran termasuk cara mengorganisasikan
peserta didik ke dalam kelompok PBM. Guru juga menyiapkan cara atau media yang
digunakan untuk membantu peserta didik dalam pengumpulan informasi dari
berbagai sumber, menganalisis dan mengevaluasi.
c. Dalam rangka persiapan lingkungan
belajar, guru menyiapkan seperangkat aturan yang jelas agar pembelajaran dapat
berlangsung tertib, panduan mengenai cara mengelola kerja kelompok, dan aturan
dan prosedur yang jelas dalam pengelolaan, penyimpanan, dan pendistribusian
bahan, aturan, tata krama dan sopan santun untuk mengendalikan tingkah laku
peserta didik ketika melakukan
penyelidikan.
d. Pada tahapan persiapan penilaian dan evaluasi,
guru menyiapkan prosedur penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pekerjaan
peserta didik.
Dalam PBM guru
harus berperan sebagai fasilitator agar pembelajaran tetap berjalan sesuai
rencana. Menurut Terry Barret dalam tulisannya, ada beberapa cara yang dapat
dilakukan untuk menjadi fasilitator PBM yang baik, diantaranya adalah : 1) Permasalahan harus menarik dan mendorong
rasa ingin tahu 2) Tidak menggunakan metode ceramah 3) Memberi batas toleransi suara ketika
diskusi berlangsung 4) mendorong peserta didik untuk saling
berbicara atau berdiskusi dan bukan berbicara atau berdiskusi dengan guru 5) Pastikan kelompok setuju tentang
permasalahan pembelajaran yang diangkat sebelum diskusi berakhir 6) Tunjukkan sumber informasi yang akurat
yang dapat digunakan peserta didik dalam menyelidiki permasalahn pembelajaran 8) Ingatkan peserta didik akan tujuan
pembelajaran dan hasil yang harus dicapai 9) Siapkan lingkungan belajar yang kondusif
bagi peserta didik 10) Jadilah diri sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar